Passport

Tuesday, March 4, 2008

Mau jalan-jalan ke Paris? Atau nonton Euro2008 di Swiss-Austria?

Boleh-boleh aja. Syarat utamanya, punya paspor.

Sekedar buat jaga-jaga (mana tau menang undian, trus hadiahnya eurotrip, hehehe, who knows?), saya memutuskan untuk bikin paspor. Cerita nyata ini mungkin bisa jadi panduan bagi anda yang ingin bikin paspor, terutama bila berurusan di Pekanbaru.


Pagi yang cerah di medio Februari, saya pacu Supra Fit tersayang menuju kantor imigrasi. Beli formulir seharga 15ribu rupiah, isi formulir, lampirkan KTP, KK, ijazah, asli dan juga kopiannya. Serahin ke loketnya. Selesailah urusan hari itu. Minggu depan disuruh datang lagi buat bayar Rp 270.000,-.

Setelah satu minggu berlalu, saya kembali ke kantor imigrasi, ke kasir, bayar, beres! Besok disuruh datang buat wawancara dan foto.

Keesokan harinya saya datang dengan dandanan yang keren, maklum lah, mau difoto gitu loh, hehehe..... Tapi ternyata percuma saja saya bergaya a la coverboy, karena saya harus ngantri nunggu dipanggil wawancara. Setelah 3 jam menunggu, rambut sudah kusut, wajah semrawut, pakaian tiba-tiba jadi butut, sering kentut pula, akhirnya saya dipanggil wawancara, trus foto. Disuruh datang lagi minggu depan, buat ngambil paspornya.

Mengapa saya bisa menunggu begitu lama? Karena saya ngikutin prosedur. Kalo ga ngikuti prosedur alias pake calo, bisa lebih cepat, 2 hari langsung jadi. Tapi bayarnya mahal bo, Rp 550.000,-! Ga perlu ngantri waktu wawancara/foto.

Money talks!
Kemapanan berpotensi merusak prosedur? Betulkah?
Kita boleh berlomba menuju kemapanan, tapi hukum jangan dibeli dan kaum marjinal jangan dirugikan. Bukan begitu, individu kapitalis-materialis?

Sumber gambar: tanpa izin dari www.kdei-taipei.org

1 comment:

adhe_fajri said...

wuahahahahaha.....

ntar kalau mang ada rencana mau goes to europe jangan lupakan adhe ye bang...

hahahahahahahaha....