(Pantas jadi) Idola Para Remaja Indonesia

Sunday, June 3, 2007

"................"

"Bagus ya.., aku suka suaranya"
"Ga ah. Biasa aja lagi"
"..............."

Percakapan itu terjadi beberapa tahun yang lalu, ketika seorang Ddy dengan positifnya mengomentari vokal gadis kecil yang turut bernyanyi dalam sebuah lagu 'ada band' yang judulnya......ah lupa! Pokoknya lagunya bercerita tentang seorang ayah. (Ketahuan deh bukan penggemar 'ada band', hehehe.....). Bete juga sih waktu itu, soalnya teman ngobol memberikan pendapat yang tidak senada. Tapi Ddy tetap meyakinkan dirinya bahwasanya tu vokal gadis cilik memang oke.

*****

Pada dekade 80'an, sebagian besar lagu anak-anak di Indonesia berisi akan lirik-lirik yang mendidik (iya gitu??). Kemudian di dekade 90'an kemunculan penyanyi cilik merebak bak cendawan. Tapi ya gitu deh, segmen lagunya buat anak-anak. Jadi harap maklum aja kalo vokal sang penyanyi sama sekali ga penting. Yang penting penyanyinya lincah, cantik, cakep, gaya, berani, dan tentu saja harus didukung oleh lirik lagu yang menggelitik, aransemen lagu yang rame, dan video klip yang kocak. Sampai pada akhirnya tiba masa Sherina untuk unjuk gigi, memperlihatkan bagaimana seharusnya mengolah vokal menjadi aspek yang sama penting dengan komponen lainnya dalam bernyayi.
Dan kini, entah karena usia yang telah tua sehingga tidak lagi menaruh perhatian pada dunia musik anak-anak, atau memang kenyataannya begitu, rasanya industri musik anak-anak sedang mati suri. Jangan-jangan kondisi ini disebabkan oleh kemunculan Sherina sehingga membuat penyanyi-penyanyi cilik lainnya menjadi minder? Au deh...

*****
(Ini bukan cerita tentang Sherina)
Selain kualitas vokal yang oke, dia juga ditunjang dengan kemampuan bermain alat musik (sebut saja piano) yang bagus. Trus, apa lagi? Menurut kabar burung (aduuh...jangan tanya burungnya siapa!) dia punya prestasi yang sangat baik di bidang akademik. Pintar ngomong (lihat aja kalo dia lagi diwawancara, jawaban-jawabannya sangat cerdas), ramah dan tidak sombong. Apalagi wajahnya itu, manis-manis lucu, nggemesin banget! Inilah dia the real Indonesian Idol. Idol yang ga dipilih lewat voting sms. Idol yang ga cuma modal tampang. Idol yang ga cuma bisa nyanyi. Idol yang penuh talenta. Kita sambut........ Gita Gutawa.


Wah kayaknya Ddy ngefans banget ya sama Gita? Ga kok. Mp3 bajakannya aja ga punya, apalagi kasetnya. Lagu-lagu Gita belum mampu masuk dalam playlist Ddy. Namun harus diakui secara objektif, kualitas vokal dan kepribadian Gita patut diacungi jempol. Salut!


Sumber gambar: www.pikiran-rakyat.com

No comments: